081289995600
email@metrocanopy.co.id

Ketahui Atap Membrane untuk Lapangan Basket yang Bagus

Tenda Membrane - Jasa pembuatan Canopy Membrane, Canopy Kain, dan Tenda Sarnafil. Bergaransi dengan Pelayanan yang menjangkau ke seluruh Indonesia

Atap membrane menjadi salah satu jenis atap yang seringkali digunakan untuk tempat-tempat olahraga, terutama lapangan. Selain lapangan futsal, lapangan tenis, atau lapangan sepakbola, atap ini juga cocok untuk digunakan pada lapangan basket. Atap membrane untuk lapangan basket cocok digunakan karena atap ini mampu menahan panas matahari, sehingga ketika permainan basket sedang berlangsung, para pemain tidak akan merasakan panas yang sangat. Selain itu,atap ini juga mampu memantulkan cahaya sinar matahari, yang membuat ruangan tidak gelap di siang hari. 

Jenis-Jenis Bahan Atap Membrane untuk Lapangan Basket

Ada beberapa jenis atap membrane yang bisa dipilih untuk lapangan basket. Bahan-bahan yang digunakan oleh para produsen biasanya juga berbeda-beda. Beda jenis tentu saja beda keunggulannya. Setiap jenis memiliki keunggulan dan karakteristik tersendiri. Jika hendak menggunakan atap membrane untuk lapangan basket, maka kenali lebih dulu jenis bahan-bahannya. Supaya Anda tak salah memilih jenis atap yang cocok. Dan bisa menyesuaikan bahannya dengan kebutuhan atap. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan di bawah ini:

Membran 750 gsm

Jenis bahan yang pertama adalah membrane 750 gsm. 750 gsm adalah ukuran standart minimal untuk membuat atap membrane lapangan basket karena projek atap lapangan basket termasuk projek yang memerlukan kekuatan makan 750 gsm masih cukup memberikan peranan yang penting untuk struktur kekuatannya, beda halnya dengan 650gsm ataupun 550 gsm itu sangat tidak baik karena tidak mampu menahan tarikan yang kuat. Dengan lapisan pendukungnya, bahan 750gsm mampu memberikan kekuatan maksimal dan stabilitas yang tinggi. adapun merek seperti Agtex, Ferrari dan Heytex (700gsm)

Membrane 850 gsm

Atap kedua, yaitu membrane 850 gsm. Bahan yang digunakan untuk membuat atap membrane jenis ini biasanya disebut blockout atau bahan yang 99% tidak tembus cahaya. namun untuk bahan blockout ada juga yang dengan ketebalan 650 gsm dari Agtex. untuk merek ini hanya ada di Agtex 850gsm dan Heytex 800gsm, untuk Ferrari di Indonesia sementara tidak ada.

Membrane 950 gsm

Jenis bahan yang selanjutnya adalah membrane 950 gsm. Jenis ini biasanya di gunakan untuk atap berukuran lebar seperti atap lapangan futsal, badminton dan kolam renang karena memiliki kekuatan terhadap daya tarik yang tinggi serta perlindungan terhadap anti UV yang bagus. untuk lebar per rollnya di kisaran 2.5mx50m jadi untuk menjadikannya sebuah membrane berukuran besar, maka perlu dilakukan penyambungan dengan cara di press dengan alat pemanas membrane. Adapun ketebalan material bahan ini biasanya sekitar 0,75 mm. Jenis-jenis membrane sintetisnya antara lain Agtex 950 gsm, Ferrari 950 gsm dan Heytex 900 gsm.

Bahan-bahan di atas memang bermacam-macam. Setiap bahan juga memiliki karakteristik sendiri-sendiri. Namun bahan apapun yang digunakan untuk atap membrane, tetap memiliki ketahanan yang kurang lebih sama. Atap membrane lebih tahan terhadap berbagai cuaca. Atap ini mampu melindungi berbagai benda di bawahnya dari serangan cuaca ekstrem sekalipun. Dan dengan strukturnya yang ringan, pemasangannya juga mudah untuk dilakukan. Tidak butuh waktu lama untuk menyelesaikannya. Maka tak heran bukan jika atap ini banyak diminati. 

Ciri-Ciri Atap Membrane untuk Lapangan Basket yang Bagus

Atap membrane memang memiliki kualitas yang bagus sehingga banyak diaplikasikan untuk berbagai tempat. Namun jika Anda tidak pandai dalam mengenali atap membrane untuk lapangan basket yang bagus, maka bisa jadi atap tersebut cepat rusak dan tidak tahan lama. Maka dari itu, penting bagi Anda yang hendak menggunakan atap membrane ini untuk mengetahui ciri-ciri atap membrane yang bagus. Atap yang bagus setidaknya bisa diamati baik sebelum dilakukan pemasangan maupun saat proses pemasangan. Nah, berikut ini adalah ciri-ciri yang perlu Anda ketahui:

Memiliki kelenturan

Bahan untuk atap membrane memang elastis, sepeti karet sintetis. Maka atap membrane yang bagus juga memiliki kelenturan yang sedang. Jika atap membrane tidak memiliki sifat lentur, maka Anda harus mempertanyakan bahan penyusunnya. Dan memang, karena ada beberapa bahan yang bisa digunakan untuk menyusun atap ini, maka tingkat kelenturannya juga berbeda-beda. Perbedaan kondisi iklim yang ada di tiap negara misalnya, juga dapat berpengaruh terhadap sifat kelenturan yang dimiliki oleh atap membrane ini. Maka kelenturan ini juga penting untuk Anda perhatikan.

Tampilannya modern

Desain dari atap membrane sangatlah banyak. Ada ratusan desain yang sudah diterapkan. Anda bisa melihat berbagai macam desain unik dan modern yang sudah ada di Indonesia. Di berbagai macam tempat, desainnya pasti berbeda-beda. Selain bagus untuk dilihat, desain-desainya juga sangatlah menarik perhatian. Jadi Anda bisa harus memastikan bahwa desain yang akan diterapkan nampak modern dan artistik. Karena jika tidak, artinya orang yang akan mengaplikasikan atap membrane kurang berpengalaman. Jika berpengalaman, tentu hasilnya akan nampak lebih indah dan modern.

Memiliki coating yang tebal

Coating atau pelapis yang digunakan untuk atap membrane seharusnya memiliki ketebalan yang bisa melindungi benang polyster di bawahnya. Apabila pelindung atap membrane untuk lapangan basket ini tipis, maka benang polyster tidak akan terlindungi dengan maksimal. Akibatnya, atap menjadi lebih mudah rusak dan tidak akan tahan lama. Karena benang menjadi lebih mudah terserang sinar ultra violet, cuaca buruk, dan terkena abrasi. Beda halnya jika pelindungnya tebal, benang dapat terlindungi dengan maksimal, sehingga lebih tahan lama dan tidak cepat rusak.

Keuntungan Menggunakan Atap Membrane untuk Lapangan Basket

Jenis atap membrane memang banyak digunakan untuk lapangan-lapangan outdoor. Konstruksi bahan yang tepat dengan strukturnya yang kuat membuat atap ini menjadi pilihan. Seperti atap-atap jenis lainnya, atap membrane juga memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan atap jenis lainnya.  Atap membrane untuk lapangan basket lebih tahan lama, mudah dalam perawatan, dan juga memiliki desain yang unik dan menarik. Desainnya yang modern tidak membosankan untuk dilihat, dan Anda bisa menyesuaikannya dengan keinginan. Nah, berikut ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai keuntungan dari penggunaan atap membrane:

Terlindungi dari berbagai macam cuaca

Keuntungan pertama adalah terlindunginya lapangan basket dari berbagai macam cuaca. Dengan bahan coating yang tebal, atap membrane bisa menahan panas sinar matahari lebih lama. Dan saat terjadi hujan, mustahil terjadi kebocoran, kecuali ada yang salah dengan proses pemasangannya. Sebab atap ini memiliki sambungan yang sangat kuat. Atap membrane ini juga tahan terhadap sinar ultraviolet, dan berbagai material lain yang dibawa angin. Sehingga sangat aman bagi orang-orang yang berada di bawahnya. Terutama ketika sedang dilakukan pertandingan dan banyak penonton yang hadir.

Di bawah atap tidak akan gelap

Meski atap ini menahan panas matahari, namun cahaya matahari tetap tembus sampai ke dalam. Atap ini tetap tembus cahaya, sehingga di bawah atap tidak akan gelap. Cahaya alami ini tentu saja sangatlah menguntungkan. Anda jelas tak perlu penerangan lebih banyak ketika siang hari. Hal ini tentu juga sekaligus dapat menghemat biaya. Jika atap membrane untuk lapangan basket diterapkan, maka ketika ada pertandingan atau latihan, Anda tak perlu memikirkan penerangan, kecuali cuaca sedang mendung sehingga tak ada sinar matahari yang masuk.

Perawatan dan perbaikannya bisa dilakukan dengan mudah

Dibandingkan dengan atap lain, atap membrane untuk lapangan basket lebih mudah untuk dirawat. Hanya dengan menggunakan air saja, Anda bisa membersihkan atap membrane. Jika Anda rajin dalam melakukan perawatan  ini, maka atap memebrane akan tetap terlihat cerah dan bersih. Sampai jangka waktu umurnya yang panjang, bisa sampai 15 atau 30 tahun lamanya. Dan apabila terjadi kebocoran, Anda akan lebih mudah dalam mendeteksinya. Karena konstruksinya yang jelas, Anda juga bisa segera memperbaikinya. Selain mudah dirawat, atap ini juga mudah untuk diperbaiki.

Desainnya yang fleksibel bisa disesuaikan dengan keinginan

Adapun desain dari atap membrane ini sangatah fleksibel. Artinya, bisa digunakan di berbagai macam tempat dan bisa didesain sekreatif mungkin. Jika Anda perhatikan, penggunaan atap membran sudah sangat beragam, bisa untuk tempat parkir, pelindung pedestrian, tempat wudhu, area bermain, cafe-cafe, dan banyak tempat lainnya. Desainnya pun unik-unik, ada yang dibuat melengkung seperti ombak, ada yang seperti tenda pada umumnya, ada yang membentang panjang, dan masih banyak lagi desain unik lain yang bisa disesuaikan dengan keinginan Anda. Nah, itulah tadi beberapa hal yang penting untuk Anda ketahui tentang atap membrane untuk lapangan basket. Setiap detail dari proses pembangunan sangtlah penting untuk keberlangsungan bangunan tersebut. Apakah akan tahan lama atau tidak, melindungi atau tidak, dan apakah bangunan tersebut aman digunakan atau tidak. Maka dari itu, dengan ciri-ciri yang sudah disebutkan, Anda bisa mulai memilah jenis atap yang memang dapat melindungi secara maksimal. Dan sekaligus memastikan bahwa atap tersebut bisa memiliki umur yang panjang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call Now Button0812-8999-5600
error: Content is protected !!